Jenis Keramik, Macam Keramik

Berikut ini jenis keramik atau macam keramik yang bisa kita temui;

Jenis keramik Berdasarkan Lapisan Bahannya

Keramik yang mempunyai lapisan glasir ( glazed)
Keramik berglasir merupakan jenis keramik yang paling banyak terdapat dipasaran. Lapisan glasir diaplikasikan dengan temperatur tinggi sehingga menyatu dengan badan keramik. Lapisan ini yang membuat motif desain dan tekstur keramik. Lapisan glasir membuat keramik tahan air, tahan api , dan mudah dibersihkan karena sangat padat dan tidak berpori.
Kermaik homogenious tanpa lapisan glasir (unglazed)
Keramik jenis ini sudah terdapat dalam bermacam – macam desain. Tidak ada lapisan apapun yang diaplikasikan pada keramik. Pencampuran bahan utama dan motf keramik dilakukan sejak awal sebelium pembentukan sehingga ada kesatuan warna antara bagian permukaan dan belakang. Permukaan keramik mengkilat dengan cara di – polish. Keramik jenis ini biasanya lebih tebal, keras dan lebih tinggi kekuatannya dari pada keramik bergelasir. Keramik jenis ini cocok untuk tempat yang ramai dengan aktivitas tinggi.

Jenis permukaan Lantai keramik

Mengkilat dan licin
• Biasa dipakai untuk keramik dinding ataupun keramik lantai dalam ruangan. Tidak cocok untuk lantai yang sering terkena air atau area servis karena tidak tahan terhadap goresan.
Doff / matte
Cocok diaplikasikan pada berbagai macam ruang, tidak licin dan mengkilat. Biasanya dipakai di rumah dengan desain minimalis. Jenis permukaan lantai ini lebih tahan terhadap goresan.
Bertekstur kasar
Cocok dipakai untuk lantai kamar mandi, carport, atau ruang terbuka yang sering terkena panas dan hujan. Jenis keramik ini tidak licin walaupun terkena air.
Cutting edge
Permukaan keramik yang sangat siku pada keempat sisinya. Keramik jenis ini dipotong setelah proses pembakaran. Hampir semua homogenius tile memakai sistem ini sehingga nat yang dipakai bisa sangat tipis. Namum kini produsen keramik berglasir juga mengembangkan keramik jenis ini walaupun harganya relatif mahal.

Jenis Keramik berdasarkan Fungsinya

Keramik Kamar Mandi
Pemakaian ubin keramik pada kamar mandi sangat membantu menjaga kebersihan kamar mandi tersebut. Hal ini karena sifat keramik yang permukaannya antiair ( daya serap airnya kecil) sehingga mudah sekali pemeliharaan dan pembersihannya.
Keramik Dapur
Permukaan keramik tahan terhadap goresan pisau dan panas ( api ). Sehingga pemasangan keramik di ruang masak dan tempat kompor tidaklah menjadi masalah. Minyak, lemak,serta kotoran lainnya juga mudah dinbersihkan. Selain itu pemasangan keramik di dapur dapat menghilangkan suasana yang terkesan kotor
Tangga dan Anak tangga
Anak tangga sering kali merupakan bagian banngunan yang paling cepat mengalami kerusakan karena lebarnya relatif sempit dan sering dilewati. Pemasangan keramik pada anak tangga akan memperpanjang usianya. Namun perluy diperhatikan pemilihan jenis keramik yang dipasang. Pilihlah jenis kermik yang memiliki tekstur antislip. Secara umum ubin keramik dapat dapat dipasang pada hampir semua bagian ruangan . selain memiliki peran fungsional ubin keramik juga memiliki peran menambah estetika ruangan. Nah demikian tadi berbagai jenis keramik atau macam keramik.