Cara memasang Keramik

Sebelum membahas mengenai cara memasang keramik yang benar, ada baiknya kita membahas sedikit mengenai tips membuat adukan keramik.
Komposisi campuran adukan yang digunakan untuk pemasangan keramik sebagai berikut.
• Untuk lantai, perbandingan antara semen dan pasir adalah 1: 6 dengan ketebalan rata – rata 2- 4 cm.
• Untuk dinding, perbandingan antara semen dan pasir adalah 1: 4 dengan ketebalan rata –rata 2 cm.
Nah berikut ini cara memasang keramik yang benar;
• Sebelum memasang keramik rendam keramik dalam air sehingga pada saat akan digunakan dapat menempel dengan mudah. Dengan demikian Anda akan memiliki keramik yang elastis dan mudah dalam pengerjaannya.
• Untuik lebih merekatkan keramik pada adukan semen yang telah dibuat, bilas semen yang sudah dicampur air secara merata dibawah keramik tersebut.
• Dasar lantai yang akan dipasangi keramik harus bersih dari kerikil maupun batu yang mengganjal. Hal ini akan menimbulkan rongga di bawah keramik nantinya.
• Setelah lantai dasar siap, Anda dapat langsung memadatkan keramik tersebut secara merata pada lapisan adukan ( pasir, semen, dan air) yang telah disiapkan. Untuk memasang keramik yang baru akan dipasang, ketuk – ketuk secara perlahan di atasnya. Pastikan tidak ada bagian dasr yang berongga. Karena hal ini akan membuat keramik lepas dikemudian hari. Anda dapat memeriksa apakah ketinggiannya sudah sama rata dengan benang yang ditarik untuk menentukan ketinggian lantai.
• Setelah semua keramik terpasang, Anda dapat memasang nat keramiknya. Jangan pasang semen oker ( semen khusus untuk nat) pada sisi keramik saat itu juga. Biarkan kering selama 2 atau 3 hari . hal ini akan membuat sisa udara yang mengendap akan keluar melalui bagian nat yangbelum ditutup. Setelah itu baru diberi semen nat dan jangan lupa bersihkan nat yang masih kosong dari kotoran yang mengendap.
• Perhatikan area yang sudah terpasang keramik, jangan melakukan aktivitas diatasnya karena adukan dibawahnya belum cukup kuat untuk dibebani. Amankan area keramik tersebut kurang lebih 2 – 3 hari agar keramik dapat terpasang sempurna.
• Setelah semuanya selesai Anda perlu memeriksanya kembali, jika ada beberapa keramik yang kosong. Segera lakukan pembongkaran dan ulani pemasangannya dengan benar.
Nah demikian tadi informasi mengenai cara memasang keramik atau cara pemasangan keramik.