Mutu Bahan Bangunan, Mutu Material Bangunan

Berikut ini cara mengenali mutu bahan bangunan secara singkat.
Pasir Bermutu
• Pasir tidak diperbolehkan mengandung lumpur lebih dari 5 %,bila dilemparkan ke bahan oakain tidak merekat, bila digenggam tidak menggumpal, serta memiliki butiran halus, sedang, dan kasar.
Pozolan bermutu
• Pozolan ( tras dan semen merah ) yaitu bahan yang mempunyai sifat mengeras di dalam air atupun di udara bila dicampur dengan kapur. Pozolan yang baik adalah adonan 2 bagin pozolan + 1 bagian kapur+ 1 bagian air dapat mengeras paling lama 2 X 24 jam.
Kapur Bermutu
• Kapur harus terlindug dari air, mengandung sedikit butiran kasar, berwarna jernih, kering, dan lunak. Jika disaring maka 2/3 bagian lewat lubangan ayakan 0,85mm.
Semen Bermutu
Material semen merupakan material yang tidak dapat terpisahkan dari proses pekerjaan pembangunan rumah. pada dasrnya terdapat beberapa jenis semen dipasaran, untuik jenis yang paling populer dan bisa digunakan untuk konstruksi rumah tinggal adalah jenis semen portland jenis 1 dan semen portland komposit. Semen portland komposit dapat digunakan untuk konstruksi umum, seperti pasangan bata,pekerjaan beton, jalan, pagar dinding, selokan, pembuatan elemen bangunan khusus, beton pracetak, beton pratekan, panel beton dan paving block.
• Semen yang digunakan tidak menggumpal atau membatu.
Nah apakah anda mengenali mutu material bangunan lainnya.