Memasang Dinding Batu Bata

Berikut ini cara memasang dinding batu bata ;
• Pembuatan pasangan batu bata dapat menggunakan campuran dengan perbandingan antara semen dan pasir pasang 1 : 4
• Untuk semua dinding luar, dinding lantai dasar ( mulai dari permukaan sloof sampai ketinggian 30 cm diatas permukaan lantai dasar), dinding didaerah basah setinggi 160 cm dari permukaan lantai, serta pasangan kedap air menggunakan adukan rapat air dengan campuran 1 Pc : 2 pasir pasang.
• Anda dapat menggunakan batu bata merah lokal dengan kualitas terbaik,siku, dan dan sama ukuranntya.
Batu bata sebelum dipasang sebagai dinding pada rumah tinggal, perlu disiram air terlebih dahulu agar batu bata tersebut tersebut dapat melekat kuat pada spesi ( adukan ) yang digunakan untuk merekatkan batu bata sebagai dinding. Selain itu pemberian / penyiraman air pada batu bata digunakan sebagai pengikat pesteran dan acian pada dinding berdiri.
• Setelah bata terpasang denganadukan spesi, siar –siar ( penyambung atau perekat anatara batu bata yang satu dengan yang lain ) harus dibersihkan dengan sapu lidi kemudian disiram air.
Pemasangan dinding batu bata dilakukan bertahap, sert5iiap tahap berdiri maksimum 24 lapis setiap harinya, diikuti dengan cor kolom praktis.
• Bidang dinding ½ batu yang luasnya lebih besar dari 12 m2ditambahkan kolom dan balok penguat ( kolom dan balok praktis ) dengamn ukuran 12 X 12 cm, dengan tulang pokok miminal 4 berdiameter 8mm, begel berdiameter 6 mm jarak 20 cm .
• Pembuatan lubang pasangan untuk brncah ( stieger) sama sekali tidak diperkenankan.
• Pembuatan lubang pada pasangan bata yang berhubungan dengan setiap bagian pekerjaan beton ( kolom ) harus diberi penguat stek- stek besi beton minimal diameter 8mm dengan jarak 50 cm, yang terlebih dahulu ditanam pada bagian pekerjaan betoin dan bagian yang ditanam dalam pasangan bata minimum 30 cm.
• Tidak diperkenankan memasang bata merah yang patah dua melebihi bdari 50 % yang patah dua, melebihi dari 5% yang patah, atau lebih dari 2 bagian. Jadi memang perlu sedikit teknik memasang dinding batu bata.