Pengertian Sloof

Pengertian Sloof adalah struktur yang diletakan di atas pondasi mengelilingi denah bangunan. Ukuran sloof direncanakan sesuai dengan perencanaan pondasi yang digunakan. Untuk banngunan rumah tinggal sederhana, biasanya menggunakan lebar 15 cm dan panjang 20 cm. karena terletak di atas pondasi, sloof  memiliki panjang mengelilingi denah bangunan sesuai dengan pondasi lajur batu kali.
Fungsi Sloof
Fungsi Sloof beton ini digunakan untuk mendukung dan meratakan beban yang ditumpu di atasnya dan meneruskan beban ke fondasdi dibawahnya. Blok sloof juga berfungsi sebgai trasram  ( kedap air) yang dapat mencegah naiknya air dari bawah ke atas tembok.
Besi untuk Sloof
Besi untuk sloof letaknya berdekatan  dengan fondasdi lajur batu kali, maka penanggulangannya harus direncanakan sebelimnya. Untuk bangunan rumah tinggal sederhana pembesian yang digunakan sebagai berikut.
-tulangan besi terutamanya menggunakan 4 tulang besi dengan diameter 12 mm yang terletak  2 di bagian atas dan 2 dibagian atas dan 2 dibagian bawah.
- untuk tulangan begel atau cincin sebagai pengikt tulang besi, digunakan tulangan dengan diameter 8 mm zengan jarak diameter 15 cm.
Teknik Pemasangan  Sloof
Teknik pemasanan slooof pada konstruksi bangunan rumah tinggal sangat penting karena sloof berfungsi sebagai elemen beton bertulang  yang difunngsikan untuk meratakan beban yang bekerja pada pondasi dan pengikat strruktur bawah ujung dasar kolom. Pada saat ppemasangan sloof harus benar – benar diperhatikan, baik penempatan, penulangan, serta pengerjaan pengecorannya. Sloof yang terletak secara horisontal di atas pondasi, sebelumnay telah dibuat rangkaian penulangannya sesuai dengan perencanaan struktur beton yang digunakan. Untuk bangunan rumah tinggal biasanya digunakan sloof dengan ukuran 15 / 20, yaitu lebar 15 m dan tinggi 20 cm sedangkan tulangan utama yang digunakan yaitu tulangan dengan diameter 12 mm. Lakukan pengawasan ketika Anda menyerahkan pekerjaan penulangan pada tukang besi dan pemasangan beserta pekerjaan pondasi pada tukang batu yang sudah disiapkan agar hasil yang didapat dari sloof ini lebih optimal.