Denah Rumah

Denah Rumah
Denah Rumah
Denah rumah adalah salah satu komponen penting yang ada pada sebuah proses pembangunan rumah. Faktanya, denah rumah bahkan tidak pernah lepas dari sebuah brosur penjualan rumah yang sering kita temui di lapangan.
Fungsi denah rumah salah satunya adalah sebagai bahan acuan dalam pembangunan rumah. Dalam konteks penjualan rumah di perumahan, denah rumah berguna untuk memberikan gambaran kepada calon konsumen akan sebuah rumah yang akan dibelinya.
Sebuah hal yang menarik mengenai denah rumah ini adalah bahwa denah rumah pada rumah yang dijual di perumahan biasanya berbentuk simetris bahkan terkadang simetris. Denah rumah simtris ini tentu membuat beberapa orang ingin mengulasnya. Mengapa demikian? Hal ini berguna untuk menghemat anggaran dan mengoptimalkan jarak.
Pertama, mengenai menghemat anggaran dengan denah rumah simetris adalah bahwa seorang kontraktor bisa membeli material dalam jumlah yang sekaligus. Misalnya, jika ingin membangun 10 rumah, karena kesemuanya mirip, kita bisa memesan kusen dengan ukuran yang sama secara borongan alias grosiran. Maksudnya di sini adalah kita, sebagai kontraktor bisa membeli sebuah material dalam jumlah besar secara sekaligus. Karena kita sudah tahu pasti bahwa kusen tersebut, misalnya, sudah pasti terpakai tanpa sisa. Karena semua sudah diperhitungkan secara perkalian. Nah mengenai "perkalian" ini kita juga mendapatkan penghematan biaya alias menghemat biaya appaisal karena denah rumah yang simetris. Mengapa? Karena jika sudah ketemu, biaya pembuatan sebuah rumah, kita bisa menghitung berapa biaya untuk membuat rumah secara keseluruhan. Tinggal dikalikan saja bukan?
Demikian pula sebaliknya, jika sudah ketemu biaya keseluruhan dalam membangun 10 rumah, kita bisa dengan mudah menentukan biaya produksi dalam membuat sebuah rumah. Dengan demikian bisa mudah dalam menentukan harga jual rumah. Meskipun demikian, biasanya harga jual mungkin mengikuti pasar ataupun mengikuti besarnya laba yang ingin diperoleh dari rumah yang akan dijual oleh developer.
Lantas yang kedua adalah mengenai optimalnya jarak yang kita singgung di muka dalam hal fungsi denah rumah atau lebih tepatnya manfaat denah rumah yang simetris. Dengan bentuk yang simtris, kita bisa mengoptimalkan jarak antar carport sehingga tidak menggangu ruang tidur. Atau misalnya kita bisa membuat jarak septic tank dari rumah pertama berdekatan dengan rumah yang kedua, jarak sumur berdekatan satu sama lain, namun jarak antara septic tank dengan sumur saling berjauhan. Itu tadi manfaat denah rumah yang simetris.
Demikian tadi ulasan singkat saya mengenai denah rumah, semoga bisa menambah wawasan anda mengenai denah rumah.