Luas Rumah

Luas Rumah
Luas Rumah
Sebuah rumah yang mempunyai luas lebih dari 80m2 bisa dikategorikan sebagai rumah besar karena memang jumlah dan jenis ruang yang bisa dibat akan lebih banyak. Semakin besar luas denah rumah yang tersedia, akan semakin leluasa bagi anda untuk melakukan penataan ruang dalam rumah tersebut.
Apabila anda mempunyai  ukuran rumah 100meter persegi keatas, Anda harus menyesuaikan luasan masing – masing ruangnya terhadap luas keseluruhan rumah yang akan anda bangun. Artinya apabila luas rumah anda lebih dari seratus maka luas ruang seperti ruang tamu misalnya, harus anda perbesar hingga sebanding dengan luas keseluruhan bangunan tersebut. Selain itu, ruang makan dan ruang keluarga juga bisa anda prluas agar terasa lebih lapang dan luas. Anda juga bisa melakukan hal serupa pada ruang tidur utama agar bisa menampung semua  perabotan yang dibutuhkan dalam ruang tidur  tersebut.
Untuk menghemant lahan yang tersedia, terkadang bangunan dibuat bertingkat. Selanjutnya, sisa lahan tersebut bisa anda gunakan untuk taman dan kegiatan yang lain. Selain itu, dengan dibuat bertingka, anda akan mempunyai peluang untruk mengekkspos bentuk ( fasad ) bangunan  menjadi lebih arstistik. Dengan bentuk bertingkat tersebut, kemungkinan Anda akan semakin luas dalam menentukan model dan tekstur dari bangunan tersebut.
Hal yang penting untuk anda perhatikan  dalam membuat bangunan  bertingkat adalah kesatuan hubungan antara ruang dilantai satu dengan ruanbg yang berada pada lantai dua. Artinya, anda harus mengupayakan agar ruang yang berad a dilantai  dua tersebut mudah dicapai dan tidak terlalu jauh jaraknya. Misalnya, Anda b isa menempatkan ruang tidur dan ruang santai pada  lantai  dua karena ruang santai membutuhkan suasana yang lebih tenang dan tidak bising, akan tetapi orang yang berada doi lantai satu bisa berkomunikasi  dengan orang yang berada diruang santai dengan mudah.
Disini, penulis memberikan contoh sebuah rumah yang tidak berada pada persimpangan jalan, akan tetapi mempunyai dua muka . hal ini merupakan upaya untuk memperoleh variasi desain bangunan rumah agar tidak monoton.
Untuk memperolah kesan yang lebih lapang dan luas rumah, sengaja dibuat garasi terbuka / carport yang terletak pada sisi kanan bangunan tersebut. Apabila akan dibuat atap untuk melindungi mobil yang parkir ditempat  tersebut, Anda bisa member atap berbentuk pergola sehingga tidak merusak bentuk bangunan dan fungsi garasi tetap terpenuhi. Dengan demikian, manfaat dari luas rumah bisa optimal.