Siteplan


Siteplan
Contoh Siteplan
Siteplan adalah salah satu kelengkapan yang diperlukan dalam membangun sebuah perumahan. Selain itu, sebuah siteplan dibutuhkan juga oleh tenaga pemasar perumahan atau makelar properti untuk menjual rumah. Berbeda dengan denah rumah yang menggambarkan bagian dalam sebuah rumah, sebuah siteplan biasanya menggambarkan sebuah ruang lingkup yang lebih luas, yakni letak masing-masing rumah yang ada di sebuah perumahan.
Fungsi siteplan mempermudah seorang calon pembeli untuk menentukan pilihan rumah yang akan dibelinya. Sebagai contoh, sebagian pembeli menyukai letak rumah yang ada di sebelah barat jalan alias menghadap ke arah timur. Ini dikarenakan pada pagi hari tipe rumah yang menghadap ke arah matahari relatif akan lebih cepat "terhangatkan" oleh sinar matahari. Fungsi siteplan lainnya adalah untuk memberikan tanda pada sebuah perumahan, mana saja rumah yang sudah terjual atau rumah yang sudah laku. Dengan demikian, memudahkan penjualan kepada calon pembeli rumah.
Nah, barangkali anda sudah cukup jelas dengan penjelasan mengenai siteplan ini. Apalagi, di bagian awal tulisan ini anda bisa melihat contoh siteplan yang saya ambil langsung dari sebuah brosur penawaran perumahan.