Koefisien Lantai Bangunan, KLB, Definisi, Pengertian


Koefisien lantai bangunan merupakan nilai perbandingan jumlah total lantai bangunan terhadap luas lahan atau kaveling keseluruhan bangunan tersebut berada. KLB menetapkan besaran maksimal luas lantai yang dapat dibangun bagi masing – masing peruntukan lahan.
Tujuan penentuan KLB sebagai berikut:
  • Mendapatkan keseimbangan antara arus atau kapasitas  kendaraan yang ditimbulkan bangunan dengn kapasitas jalan yang ada
  • Menciptakan lingkungan ruang luar yang nyaman, dimana p[encahayaan, pengudaraan alami tercukupi dan jalur perjalanan kaki akibat arus atau kapasitas orang yang ditimbulkan oleh lantai bangunan tersedia.
Angka KLB penting untuk diketahui karena berkaitan dengan faktor berikut ini .
  • Pertimbangan terhadap pencahayaan dan ventilasi alami sebagai salah satu upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman.
  • Pembentukan maksimal skyline bangunan yang harmonis. Pembentukan landmark sebagai pembentuk identitas dan titik orientasi terhadap lingkungan.
  • Pembentukan karakter tyang berbeda antara berbagai kegiatan fungsional yang berlainan.
Pembentukan ruang dan jarak yang mempunyai skala harmonis antara bangunan dengan ruang luarnya agar tercipta komposisi ruang yang berskala manusiawi. Jadi dengan demikian, kita sudah mengetahui mengenai pengertian koefisien  Lantai Bangunan ( KLB)