Membuat Rencana Anggaran Biaya , membuat RAB

Membuat RAB atau Membuat Rencana Anggaran Biaya biasanya setelah konsep atau desain telah selesai dibuat, langkah yang harus Anda kerjakan adalah pembuatan Rencana Anggaran Biaya( RAB). Jika Anda menggunakan jasa perencana pada pembangunan rumah, ummumnya estimasi anggaran biaya sudah termasuk dalam perencanaan. Dalam anggaran biaya pembangunan, Anda dapat mengetahui kebutuhan material maupiun estimasi untuk pekerja yang akan digunakan .
Mengapa Perlu Membuat Rencana Anggaran Biaya ( RAB)?
Langkah – langkah membuat RAB
Berikut ini langkah – langkah yang dapat Anda lakukan dalam membuat rencana anggaran biaya.
  1. Menghitung volume pekerjaan
Volume pekerjaan pada rumah tinggal dapat dihitung dengan dengan melihat gambar kerja yang telah Anda buat sebelumnya. Perhitungan volume dapat menggunakan rumus matematika sederhana sesuai dengan jenis pekerjaan yang ada dalam perencanaan.
  1. Membuat analisis jenis pekerjaan
Jenis – jenis pekerjaan dalam rencana pembangunan rumah tinggal, memerlukan material dan upah pekerja yang tidak sama satu dengan yang lain. Untuk itu diperlukan analisis perjenis pekerjaan sesuai dengan spisifikasi pekerjaan di dalaamnya. Anda dapat menggunakan jasa konsultann arsitekk atau pemborong jika kesulitan dalam melakukan analisis pekerjaan tersebut. Analisis jenis pekerjaan juga dugunakan untuk menentukan harga satuan pekerjaan yang akan digunakan dalam perhitungan RAB keseluruhan.
  1. Membuat Rencana Anggaran Biaya Keseluruhan
Rencana anggaran biaya secara keseluruhan dapat anda lakukan setelah terdapat perhitungan volume pekerjaan, analisis jenis pekerjaan, serta harga satuan upah dan material. Anda dapat berkonsultasi pada konsultan arsitektur atau kontraktor untuk mendapatkan harga yang tepat.
Nah jadi demikian tadi langkah langkah membuat RAB atau langkah Membuat Rencana Anggaran Biaya.