Tahapan membangun Rumah, Proses, langkah membangun rumah

Berikut ini Tahapan , Proses, atau langkah membangun rumah. Pada saat memulai pekerjaan pembangunan, sangat diperlukan sumber listrik maupun sumber air yang memadai. Anda dapat mengkoordinasikannya dengan dengan Pihak PLN ntuk penyambungan dari sumber listrik disekitar lokasi yang akan dibangun. Hal iini sangayt dibutuhkan mengingat selama masa pengerjaan bangunan, pekerjaan atau tukang Anda membutuhkan sumber tenaga listrik untuk menjalankan alat – alat konstruksi maupun operasional pekerja. Untuk sumber air sementara,Anda dapat membuat sumur termasuk dalam rencana pembangunan Anda dapat memperhitungan letak, posisi, maupun jenis kedalaman sumur dengan kebutuhan hunian hiunian Anda. Pastikan sumur tersebut dapat Anda gunakan dengan baik nantinya.

Mempersiapkan Gudang dan Bedeng Sementara
Gudang dan bedeng sementara hanya digunakan ketika proyek pengerjaan bangunan berlangsung. Ukuran bedeng biasanya 3  x 4 m sedangkan gudang untuk menyimpan material berukuran 2x3 m. walaupun seringkali tidak termuat dalam perencanaan awal, penyiapan bedeng dan gudang sangat diperlukan sebagai media kontrol untuk melindungi bahan bangunan dari pengaruh cuaca serta risiko  penncurian atau kehilangan

Pembuatan Bowplank
Pembuatan bowplank atau balok papan yang disambungkan dengan tali berguna sebagai pembatas wilayah pekerjaan yang telah direncanakan. Hal ini dilakukan agar pengerjaan fondasi untuk bangunan nantinya sejajar dan tepat sesuai dengan denah rumah yang direncanakan. Anda dapat memberikan warna yang mencolok untuk papan bouwplank yang sudah dipasang agar menjadi patokan yang jelas untuk rencana penggalian bangunan. Biasanya jarak antara rencana galian fondasi dengan papan bouwplank adalah 1 m. sesuaikan dengan tata letak dan ukuran yang ada pada denah bangunan.

Mulai Pembersihan Lahan
Pembersihan lahan dilakukan untuk membebaskan tanah pada lokasi pekerjaan dari unsur – unsur lain yang dapat menggangu proses pengerjaan konstruksi, seperti rumput liar, sampah, atau material yang mengganggu. Lakukan pembersihan secara menyeluruh agar tanah atau lahan siap untuk dibangun.

Jadi demikian tadi tahapan membangun rumah atau langkah-langkah membangun rumah.