Memilih material bangunan

Ketika memilih material bangunan, kita harus menyesuaikan kebutuhan material yang akan dipakai dalam membangun rumah dengan biaya yang sudah dipersiapkan. Penetapan budget membangun rumah diperlukan untuk memberi rambu – rambu atau patokan bagi perencanaan awal rumah tinggal. Dengan demikian harapannya anggaran tidak membengkak.
Jika kita memilih material bangunan dengan kualitas utama ( lux) , sesuaikan dengan gaya yang akan anda tampilkan. Jangan sampai terjadi ketimpangan ( ketidaksesuaian unsur material ) pada rumah Anda.jika anda mempunyai budget yang relatif sedikit, Anda dapat melakukan mix and match pada pemilihan material untuk menghemat biaya membangun rumah. Tetapi harus diingat, tidak semua material bangunan cocok dengan kondisi dan situasi rumah yang akan dibangun. Jika anda kesulitandalam hal pemilihan material, Anda bisa mengkonsultasikannya pada  pihak yang lebih berkompeten mengenai hal tersebut atau Anda dapat menggunakan jasa perencana bangunan.
Penggunaan bahan bangunan disesuaikan dengan gaya rumah Anda sangat berpengaruh. Jadi tetaplah teliti dalam memilih material bangunan rumah.