Fondasi Rumah, Pondasi Rumah

fondasi pondas

Kali ini kita akan membahas mengenai pondasi rumah atau fondasi rumah. Namun sebelum memulai, kita perlu membahas mengenai pengertian fondasi atau definisi fondasi.
Apa Itu Fondasi?
Fondasi adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah bangunan. Fondasi atau Pondasi pada sebuah bangunan merupakan elemen dasr yang berperan penting sebagai tumpuan dari berat bangunan beserta seluruh bagian yang ada didalamnya. Fondasi berperan penting alam menjaga kestabilan banguan. Apabila fondasi kuat dengan daya dukung tanah yang baik maka bangunan tersebut akan aman ( dinding tidak mudah patah/ retak / roboh).
Fungsi Fondasi
Fungsi fondasi pada bangunan rumah tinggal adalah memikul beban bangunan merata yang ada diatasnya atrau meneruskan keseluruhan gaya yang ditopangnya dari segala arahh pada bangunan ke tanah.
Jenis-Jenis Fondasi / Macam - macam Fondasi
Berikut ini berbagai jenis fondasi atau berbagai macam fondasi;
Fondasi batu kali
Fondasi batu kali merupakan fondasi populer digunakan untuk rumah tinggal. Fondasi ini menggunakan bahan utama batu kali, yang dibuat mengelilingi bagian bangunan . Secara umum, bentuk fondasi batu kali berbentuk trapesium dengan ukuran tinggi  rata – rata 60 – 80 cm dengan lebar sisi atas 25 – 30 cm dan sisi bawah 60 – 80 cm.
Fondasi pelat beton setempat ( foot plat)
Fondasi pelat beton setempat atau sering disebut fondasi cakar ayam adalah fondasi yang terbuat dari beton bertulang. Penggunaan fondasi ini biasanya dikombinasikan dengan  fondasi batu kali. Fungsinya untuk menopang bangunan pada titik – titik kolom ( biasanya pada sudut – sudut pertemuan dinding struktur bangunan).
Fondasi pelat beton menerus
Sama halnya dengan fondasi pelat beton setempat, fondasi pelat beton menerus terbuat  dari beton bertulang. Fondasi ini kuat untuk menopang bangunan 2 lantai karena  fungsi fondasi untuk menggantikan fondasi batu kali, maka fondasi ini juga dibuat mengelilingi denah bangunan dengan ukuran penampang bawah 45 – 60 cm dan tinggi 60 cm.
Fondasi pancang mini ( straus pile )
Pondasi jenis ini digunakan pada kondisi tanah yang kurang baik, misalnya tanah bekas rawa yang posisi tanah kerasnya jauh dibawah permukaan tanah mmencapai 2 – 5 m. fondasi ini bisa digunakan untuk rumah berlantai 1 maupun 2. Berbeda halnya dengan ketiga fondasi di atasnya yang dibuat di tempat fonasi ini merupakan produk fabrikasio yang dibeli satuan dan dipasang dengan menggunakan mesin pancang.
Jadi demikian tadi pembahasan mengenai pengertian fondasi / pondasi dan macam jenis pondasi.