Jenis Septic Tank, Macam Septic Tank

Berikut ini ada beberapa jenis septic tank atau macam septic tank;
Septic tank Konvensional
Septic tank model ini menampung dan mengendapkan limbah dan membiarkannya terurai oleh bakteri. Cairan hasil akhir dari tannki ini akan diendapkan ke tanah melelui resapan khusus. Secara berkala septic tank ini akan penuh dan harus disedot.
Septic Tank Biologis
Pada septic tank biologis, limbah akan terurai sampai aman untuk dimanfaatkan kembali, hingga tidak perlu disedot ;agi. Saaat ini ada beberapa jenis septictank biologis yang telah berredar di pasara. Diantaranya sebagai berikut.
a. Septic tank fiberglass
Septictank jenis ini terdiri atas 3 bagian denghan fungsi yang berbeda - beda. Air limbah yang masuk ke septic tank akan masuk dibagian pertama, kemudian disaring dan dialirkan kebagian kedu. Pada bagian kedua limbah diurai oleh bakteri dan dialirkan ke kotak ketiga untuk diurai lebih lanjut. Sisa penguraian bdari bagian ketiga akan dialirkan keluar menuju saluran drainase umum setelah melalui tabung disinfektan yang menyaring limbah hingga aman.
b. Septictank beton
Septic tank jenis ini terbuat dari beton dan terdiri atas tiga bagian. Prosesnya sedikit berbeda dengan septic tank berbahan fiber glass. Pada septic tank jenis ini, limbah yang masuk dibagian pertama akan disaring untuk memisahkan kotoran dengan tissue. Limbah dari bagian pertama dialirkan ke bagian kedua untuk diproses oleh mikroorganisme yang memakan limbah tersebut dan mengolahnya menjadi cairan. Limbah yang sudah berubah menjadi cairan dibagian kedua akan dialirkan kebagian ke tiga untuk diendapkan, kemudian diresapkan ke dalam tanah dan dialirkan ke sistem drainase kota. Demikian tadi berbagai jenis septic tank atau macam septic tank.