Teknik Pemasangan Plafon, Tahapan Plafon

Berikut ini tahapan pemasangan Plafon Semen atau teknik pemasangan plafon semen.
Siapkan peralatan dan bahan. Peralatan yang harus disediakan sebagai berikut:
- Cutter
- Gergaji kayu
- Palu dan mesin bor
- Paku dan sekrup
- Kape
- Amplas
- Papan semen tebal 4mm atau 5 mm
- Kompon khusus papan semen
• Buatlah rangka plafon, satu lembar papan berukuran 122 cm x 244cm dapat dibuatkan dua modul rangka. Masing – masing berukuran 61 cm x 244 cm. rangka bisa berbahan kayu atau besi.
• Setelah rangka terpasang sebagai struktur, mulailah dengan memasang papan. Jangan lupa sesuaikan ukuran papan dengan rangkanya. Pasang papan ke rangka menggunakan sekrup. Gunakan bor untuk mempercepat pemasangan sekrup.
• Buat nat antara papan semen yang satu dengan yang lainnya. Setelah papan semua terpasang, tutup nat dan lubang bekas sekrup dengan kompon, tunggu hingga mengering, kemudian ratakan menggunakanb amplas. Setelah selesai, cat plafon menggunakan cat tembok.
Teknik Pemasangan Plafon pada Atap Joglo
Jika Anda menggunakan atap berbentuk joglo, sebaiknya pemasangan plafon yang terbuat dari papan setelah usuk dan dudur terpasang. Plafon dapat Anda pasang di atas usuk sehingga tekstur yang ditampilkan menjadi seperti usuk yang terekspos. Anda dapat mengganti dari bahan lainnya agar terkesan lebih unik, contohnya dengan menggunakan anyaman bambu ( gedeg) atau rotan.
Nah semoga teknik pemasangan plafon diatas dapat berguna bagi anda sekalian.