Ring Balok, Ring Balk

Ring balok atau ring balk adalah struktur yang diletakkan di atas pasangan batu dan bata. Fungsi ring balok adalah sebagai tumpuan konstruksi atap dan sebagai pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar tidak runtuh. Ring balok yang umumnya digunakan untuk bangunan rumah tinggal sederhana adalah ring balok dengan lebar 15 cm dan panjang 20 cm.

Besi untuk Ring Balok
Dalam merencanakan rumah tinggal sederhana, Anda dapat menggunakan besi diameter 12 mm untuk tulangan utamanya. Terdiri dari empat buah tulangan, dua tulangan terletak di atas dan dua di bagian bawah. Diameter begel yang dapat Anda gunakan yaitu tulangan 8 mm dengan jarak begel 15 cm.

Teknik memasang Ring Balok
Ring balok terletak dibagian atas setelah pasangan dinding batu bata. Berbeda dengan sloof, ring balok berfungsi sebagai tumpuan konstruksi kuda – kuda dan pengikat pasangan dinding batu bata bagian atas agar konstruiksinya kuat ( tidak runtuh). Karena peletakannya dibagian atas, pemasangan ring balok juga dikerjakan setelah pekerjaan dinding batu bata selesai. Anda dapat menyiapkan tulangan ( rangkaian tulanggan ) sebelum pekerjaan dinding batu bata selesai. Peletakan ring balok harus tepat , karena fungsi juga penting sebagai tumpuan atap. Lakukan pemasangan dengan teliti sebelum melakukan pengecoran, terkadang terdapat tulangan yang tidak pas ketika diletakkan, hal ini dapat mengakibatkan bangunan tidak kuat. Untuk bangunan rumah tinggal, ukuran ring balok yang biasa digunakan yaitu 15/ 20 yaitu lebar 15 cm tinggi 20 cm. Sedangkan tukang utama yang dignakan yaitu tulangan dengan diameter 12 mm. Jadi demikian tadi informasi mengenai ring balk atau ring balok.