Penutup Atap, Material Penutup Atap

Berikut ini berbagai macam penutup atap atau material yang digunakan sebagai penutup atap;
Dak Beton
Dak beton terbuat dari kombinasi besi dan cor beton. Banyak digunakan pada rumah – rumah modern atau rumah minimalis. Dak beton cukup kuat menahan perubahan cuaca dan konstruksinya pun amat kuat.
Genting tanah liat
Material ini umumnya banyak digunakan sebagai genting rumah. ternuat dari tanah liat yang dipress dan dibakar. Genting ini cukup kuat menahan beban. Membutuhkan rangka untuk pemasangannya dan dipasang pada atap miring. Menerapkan sisitem pemasngan inter – locking atau saling mengunci dan mengikat.
Genting Metal
Genting metal berbentuk lembaran mirip seng. Genting ini ditanam pada balok gording rangka atap menggunakan sekrup. Pemasangannya rtidak jauh berbeda dengan genting tanah liat. Tersedia ukuran yang bervariasi dengan lebar 600 mm – 1200 mm, ketebalan 0,3 mm,dan panjang 1,2 – 12 mm.
Genting aspal
Bahan material yang satu ini terbuat dari campuran aspal dan bahan kimia lain. Ada dua model yang tersedia dipasaran. Pertama, model datar bertumpu pada multipleks yang menempel pada rangka. Multipleks dan rangka dikaitkan dengan bantuan sekrup. Genting aspal dilem ke papan. Jenis kedua, model bergelombang, cukup disekrup pada balok gording.
Genting Keramik
Bahan dasar genting ini adalah keramik, tetapi telah mengalami proses finishing glasir. Tersedia dalam beragam warna dan ukuran. Saat ini genting keramik banyak digunakan karena menampilkan kesan modern. Genting ini bertumpu pada rangka kayu dan beton.
Genting kaca
Umumnya pemasangan genting kaca hanya pada bagian tertentu di atap karena fngsinya sebagai penerangan alami. Ukuran genting kaca sama seperti genting umumnya. Seiring dengan perkembangan dunia desain, saat ini genting kaca banyak diaplikasikan menggunakan kaca datar dengan rangka untuk memberi kesan modern atau minimalis.
Kain terpal
Kain tertpal tidak hanya diaplikasikan pada atap balkon, tetapi cocok juga untu kanopi jendela. Bahan terbuat dari kain terpal dan plastik padat yang elastis. Kain terpasang dan bertumpu pada rangka besi. Pengait menggunakan sekrup agar menempel kuat di dinding. Pemasangannya mirip layar sehingga mudah dilepas atau dipasang.