Macam Atap, Jenis Atap, Bentuk Atap

Berikut ini beberapa bentuk atap atau macam atap atau jenis atap;
Jenis Atap Pelana
Atap pelana atau sebagian orang menyebutnya sebagai atap gunungan, merupakan atap yang dianggap paling aman. Pemeliharaannya mudah dan murah dideteksi jika terjadi kebocoran. Biaya pembuatannya pun paling murah dibandingkan dengan bentuk – bentuk atap lainnya. Atap pelana terdiri dari atas dua bidang miring yjung atasnya bertemu pada satu garis lurus. Ppertemuan tersebut biasa disebut dengan hubungan. Sudut kemiringannya 300 – 450. Sedangan tepi bawah bidang atap disebut tepi teritis, biasanya disinilah dipasang talang air.
Jenis Atap Perisai
Atap perisai merupakan penyempurnaan dari bentuk atap pelana, terdiri atas dua bidang atap miring yang berbentu trapesium. Tepi tepi atasnya bertemu pada satu garis ( bubungan ). Dua bidang atap lainnya berbentuk segitiga dengan kemiringan yang biasanya sama. Bentuk atap ini tampak cantik seperti atap joglo. Kelemahannya mudah bocor dan retak. Penggunaan banyak kayu sebagai sambungan juga membutuhkan biaya lebih mahal daripada atap pelana.
Jenis Atap Sandar
Atap sandar biasa disebut dengan atap tempel. Umumnya terdiri atas dua bidang atap miring. Bagian tepi atasnya bersandar atau menempel pada tembok bangunan. Rumah dengan bentuk atap sandar biasanya merupakan atap tambahan. Misalnya ingin menambah bangunan baru di samping bangunan lama.

Jenis Atap Datar
Modelnya berupa bidang datar memanjang horizontal. Atap jenis ini sering kali dipakai untuk atap teras di depan pintu masuk. Sebagian bahkan digunakan untuk membuat taman di atap rumah. atap datar paling sulit dalam perawatannya terutama maslah kebocoran. Oleh karena itu, pengecorannya tidak bisa semmbarangan. Selain biaya pembuatan yang lumayan mahal, atap datar tidak memiliki rongga ruang dibawaynya sehingga membuat suhu udara ruangan dibawahnya terasa panas. Jika anda merencanakan atap datar, sebaiknya Anda menghitng ruang sirkulasi udara dibawahnya agar suhu ruang tidak terlalu panas.
 
Demikian tadi informasi mengenai berbagai macam atap yang mungkin ada di sekitar kita. Semoga pembahasan mengenai jenis atap diatas dapat berguna bagi anda.