Perlengkapan pintu, perlengkapan jendela

Berikut ini berbagia Perlengkapan pintu dan perlengkapan jendela
Kunci
Kunci merupakan bagian vital pada pintu rumah tinggal. Saat ini pasaran telah banyak terdapat model kunci mengikuti gaya rumah, seperti minimalis atau klasik. Harganya pun bervariasi, dari yang murah hingga mahal. Anda dapat memilih kunci sesuai dengan keinginan serta desain yang ingin Anda tampilkan.
Engsel
Engsel merupakan alat penggantung yang berfungsi agar pintu atau jendela dapat dibuka dan ditutup. Engsel yang biasanya terdapat dipasaran adalah engsel swing atau hang yang difungsikan sebagai pembuka ke samping atau ke atas. Jenis lain yng banyak diminati adalah engsel cowboy yaitu engsel yang dapat menutup sendiri ketika dibuka.
Gerendel
Fungsi utama gerendel adalah sebagai pengunci jendela. Model serta bentuk gerendel di pasaran sekarang sudah beragam, Anda dapat memilih sesuai dengan selera. Selain sebagai pengunci jendela, gerendel juga sering dipakai sebagai penguat kunci pintu pada rumah tinggal.
Kait angin
Jemis kait angin yang digunakan untuk jendela rumah tinggal biasanya ada dua macam, yaitu kait angin lepas dan kait angin berkait. Kait angin lepas terdiri atas dua buah komponen kait yang dipasang sendiri – sendiri, yaitu lubang kait dan pengait. Sedangkan kait angin berkait merupakan kait angin yang sudah menjadi satu ikatan ( tidak dipasang terpisah).
Door closer
Door closer merupakan alat penggantung pintu yang diletakkan di bagian atas pintu dan kusen. Fungsi darei alat ini sebagai penggantung yang dapat membuat pintu penutup sendiri ketika dibuka.
Door Stop
Pitu yang dibuka akan sering berbenturan dengan dinding tembok rumah tinggal Anda. Agar pintu yang dibuka ke samping ( 90 % ) terhindar dari benturan pada tembok, Anda dapat menggunakan door stop . jenis door stop beragam, ada yang dipasang di lantai, pintu, tembok atau partisi.
Nah demikian tadi artikel tentang perlengkapan pintu.