Pipa Septic Tank

Pipa septic tank merupakan bagian penting dari septic tank. Septic tank terdiri atas pipa saluran dari kloset, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dsn udara. Agar septictank tidak mudah penuh dan mampet , perlu diperhatikan hal – hal berikut.
Kemirimgan pipa
Kemiringan pipa menentukan kelancaran proses pembuangan limbah. Selisih ketinggian kloset dan permukaan air bak penampung kotoran sebaiknya dibuat sebesar mungkin agar dapat mengalir lancar. Kemiringan pipa minimum 2 % , artrinya setiap 100 cmm terdapat perbedaan ketinggian 2 cm.
• Pilih pipa saluran yang tepat
Pipa saluran sebaiknya berupa pipa PVC dengan ukuran minimum 4 inci. Rumah yang memiliki banyak toile t sebaiknya menggunakan pipa dengan diameter yang lebih besar. Buatlahy saluranb dengan lurus tanpa belokan karena belokan atau sudut akan membuat saluran rentan mampat.
• Sesuaikan alat mekanik kapasitas dengan kebetulan
Untuk rumah tinggal dengan jumlah penghuni 1 – 4 orang buat septictank dengan ukuuran 1,50 m x 1,50 m x 2,00 m. Bak endapan dan sumur resapan bisa dibuat dengan ukuran 1 m x 1 m x 2 m. sementara banyak penghuni rumah, semakinn besar ukuran yang dibutuhkan.
Bak harus kuat dan kedap air
Dinding, dasar, dan bak utama harus kedap air agar limbah tidak mencemari lingkungan. Bak endapan dan resapan sebaiknya memiiki dasar berupa campuran kerikil dan pasir pada septic tank.