Saluran Air Kotor, Black Water, Grey Water

Saluran air kotor dibagai menjadi dua jenis, yaitu black water dan grey water. Black water adalah air limbah atau air kotor yang berakhir di septic tank. Sedangkan grey water merupakan air kotor yang berakhir pada saluran pembuangan riol kota. Seperti air bekas mandi atau mencuci. Pekerjaan saluran air kotor dapat dibedakan menjadi sebagai berilkut.
Saluran Black water
Black water dari rumah harus disalurkan ke septictank untuk diendapkan dan diubrani oleh bakteri. Pekerjaan galian dan pemasangan jalur untuk black water pada tahap ini mencakup pekerjaan sebagai berlikut.
- Galian dan pemasangan septic tank
- Galian dan pemasangan jalur pipa dari pipa black water didalam rumah ke septictank.
Saluran Grey water
Grey water dari dalam rumah dialirkan ke selokan di lingkungan rumah dan berakhir di sistem air limbah kota. Pekerjaan galian dan pemasangan jalur untuk grey water pada tahap ini mencakup galian dan pemasangan jalur pipa dari pipa grey water di dalam rumah ke saluran drainase umum.
Pemasangan Pipa Saluran
Pada saat pengerjaan saluran atau pemasangan pipa saluran.yang pelu diperhatikan adalah pipa horizontal. Dipasang dengan sudut kemiringan 2% untuk air limbah agar air agar dapat mengalir dengan lanca. Pipa air limbah dibuat lebih miring agar kotoran cepat keluar dari saluran dan tidak menimbulkan penyumbatan pada saluran air kotor.